Connect with us

Belajar Al-Qur’an Dari Rumah

Opini

Belajar Al-Qur’an Dari Rumah

Semenjak menyebar luasnya pandemic virus corona ke setiap daerah di Indonesia banyak sekolah-sekolah dan universitas yang diliburkan, hal ini menyebabkab kegiatan belajar mengajar menjadi kacau.

Yang awalnya tatap muka dan sekarang menjadi daring atau online.

Hal ini menimbulkan suatu yang baru dirasakan bagi seluruh pelajar di Indonesia dan begitu juga para mahasiswa, banyak kesulitan-kesulitan yang ditemukan ketika awal mula prose pembelajaran via online.

Mulai penggunaan aplikasi yang suesuai, system pembelajaran yang baru dan ada juga yang mengeluhkan tentang jaringan yang tak menentu.

Efektifitas belajar online membuat banyak siswa dan mahasiswa yang menjadi enggan untuk bejalar, karena tidak diawasi oleh guru dan minim pemantauan dari orang tua, hal ini bisa menyebabkan para siswa menurun dalam prestasi belajarnya.

Namun kita akan membahas tentang belajar bahasa arab secara mandiri yang bisa diterapkan dikala pembelajaran disekolah belum dimuai.Ada beberapa cara yang ampuh untuk belajar bahasa arab dirumah secara mandiri. Diantara lain adalah:

  1. Menghafalkan kosa kata bahasa arab.Menghafalkan kosa kata adalah salah atu kunci utama untuk belajar bahasa asing, tak terkecuali bahasa arab. Ketika kita hanya dirumah saja ini adalah kesempatan yang sangat bangus untuk mengetahui dan menghaflkan kosa kata yang terdekat dengan kita, misalkan menghafalkan kosa kata alat-alat yang ada di dalam kamar,dapur, kamar mandi dan yang lain bahkan bisa juga menghafalkan kosa kata yang lain yang ingin kita pelajari.
  2. Menonton film yang menggunakan bahasa arab Kegiatan ini sangat berpengaruh dalam maharah istima’ atau keterampilan mendengar dalam pembelajarab bahasa arab. Yang biasanya kita menonton film atau movie menggunakan bahasa inggris dan sekarang kita beralih ke bahasa arab agar kita terbiasa mendengarkan percakapan atau ungkapan dalam bahasa arab.
  3. Membuat percakapa atau cerita bahasa arab. Setelah kita mendengarkan film berbahasa arab kemudian kita harus melatih diri untuk berani menulis percakapan sehari-hari atau menulis teks cerita berbahasa arab. Hal ini menbantu kita untuk meningkatkan maharah kitabah atau kemapuan menulis dalam berbahasa arab. Dan juga untuk mengutarakan apa yang kita pikirkan dalam tulisan berbahas arab.
  4. Membaca buku berbahasa arabSetelah menulis, tak cocok rasanya kalau kita tidak membaca. Membaca buku bahasa arab juga bisa menjadi salah satu fahtor dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab, dan juga melatih kita untuk meningkatkan maharah qiriah atau kemampuan membaca.

Semua itu hanya bisa dilakukan apabila kita mempunyai keinginan yang kuat dan niatan yang ikhlas. Tekad yang kuat bisa memudahkan kita untuk mempelajari sesuatu.

Itulah beberapa factor yang dapat meningkatkan bahasa arab ketika kita hanya berada dirumah dan tidak bisa belajar ke sekolah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Penulis : Ahmad Fikri Al-Mahfuzd (Mahasiswa Jurusan PBA UIN STS Jambi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top