Connect with us

Kampanye Tanpa Rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 Bisa Dibubarkan

Politik

Kampanye Tanpa Rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 Bisa Dibubarkan

SNNJAMBI.COM Jambi – Dalam rangka menindaklanjuti persiapan pelaksanaan tahapan masa kampanye yang akan dilaksanakan mulai tanggal 26 september, 3 hari setelah penetapan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi september 2020 sampai tanggal 5 Desember 2020 mendatang. KPU Provinsi Jambi gelar Rakor Fasilitasi kegiatan Kampanye pasangan calon. (16//9/2020)

Apnizal Anggota KPU provinsi Jambi, menyampaikan tentu ada beberapa beberapa persiapan yang harus disiapkan terkait pelaksanaan kampanye tersebut.

“Malam ini kami melakukan rapat koordinasi dalam rangka kegiatan kampanye untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan 5 Kabupaten/kota yang pemilihan Bupati dan Walikota,
kegiatan ini dihadiri oleh komisioner KPU kabupaten/kota dari divisi sosialisasi dalam membahas beberapa hal penting terkait kegiatan kampanye,” terangnya

Pertama terangnya, terkait dengan fasilitasi persiapan alat peraga kampanye dan kampanye, kemudian persiapan penetapan untuk kegiatan bentuk lain, yaitu salah satunya adalah kampanye rapat umum, tentu melakukan kegiatan kegiatan ini dalam kondisi normal dan kondisi pandemi ini banyak aturan yang berubah yang harus di fahami bersama.

Apa dibenarkan bagi Cakada Menggelar Kampanye?

Dalam kondisi pandemi ini ada beberapa hal yang dibatasi, menyesuaikan dengan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 dan PKPU 10 sebagai perubahan PKPU Nomor 6, terkait dengan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan dalam kondisi pandemi covid-19.

Ada hal yang menjadi perhatian, pertama pelaksanaan protokol kesehatan itu adalah tentu membatasi jumlah orang yang akan hadir, karena syaratnya adalah tidak melakukan kerumunan atau menciptakan kerumunan, kemudian melakukan pembatasan atau menjaga jarak, tentu harus diterapkan disetiap kegiatan kampanye.

Berapa jumlah yang ditetapkan?

“Seperti rapat umum, itu maksimal 100 orang dan dilaksanakan diluar ruangan, untuk metode yang lain seperti tatap muka, pertemuan terbatas, dialog, itu dilakukan di dalam ruangan yang jumlahnya maksimal 50 orang, itupun harus mendapat rekomendasi ijin dari gugus tugas sebagai pihak yang penuh kewenangan untuk menetapkan diwilayah itu, benar benar bisa dilaksanakan atau tidak.

Teguran dan Sanksi?

Pihak ini, yang menggelar kampanye, akan diawasi bawaslu dan gugus tugas, serta akan diberikan sanksi protokol kesehatan bila ada yang melanggar, atau kegiatan itu kalo tidak ada rekomendasi gugus tugas, akan di bubarkan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top