Connect with us

UNH Jambi Gelar Opus Bagi Mahasiswa Baru

Pendidikan

UNH Jambi Gelar Opus Bagi Mahasiswa Baru

SNNJAMBI.COM JAMBI – Universitas Nurdin Hamzah (UNH) Jambi gelar Orientasi Pengenalan Kampus (OPUS) yang digelar mahasiswa senior di Aula Kampus UNH yang berada di kawasan Sipin Kota Jambi, yang di gelar selama dua hari, dimulai tanggal 1-2 Oktober 2020.

Kegiatan ini merupakan proses awal bagi Mahasiswa baru untuk saling mengenal, terutama sesama Mahasiswa, sesama dosen, juga terhadap lingkungan atau kehidupan kampus UNH.

Tahun ini Universitas Nurdin Hamzah (UNH) melaksanakan OPUS pertama setelah ditetaapkannya sebagai Universitas, yang mana sebelumnya masih berstatus sekolah tinggi.

Ketua Panitia OPUS, Ali Suryadi dalam sambutannya menyampaikan, ini merupakan OPUS pertama UNH setelah menjadi Universitas, kami berharap kepada mahasiswa baru untuk saling mengenal dan bisa aktif dalam berkomunikasi baik itu dengan Mahasiswa senior maupun dosen pengajar,” Terang Ali, Selasa (2/10/2020)

Dalam pelaksanaan Ospek tahun ini, ia mengangkat tema, “erbinanya Insan Akademis dan pribadi yang baik serta bertanggung jawab atas peran Mahasiswa”.

Yang mana tujuannya Ospek sebagai pintu ilmu bagi mahasiswa-mahasiswi, “Pintu itu akan dibuka dan dicermati atau dipelajari secara seksama oleh Mahasiswa baru untuk memperdalam ilmunya. Bila dari pintunya saja sudah buruk, maka pola pikirnya bisa saja terus menduga bahwa didalam pintu akan sama buruknya.” kata Ali

Baca juga : Fasha Tak Maju

Kemudian Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Burlian Sanjaya menyampaikan, pihaknya telah menggelar Orientasi Pengenalan kehidupan kampus (OPUS) selama 2 hari yakni dimulai dari tanggal 1-2 Oktober 2020 secara daring dan menyampaikan beberapa materi dalam kegiatan tersebut.

“Materi yang disampaikan terkait sistem perkuliahan di era pandemi”, sistem ini di sampaikan karena Mahasiswa baru tahun ini begitu mereka masuk langsung dihadapkan dengan situasi pandemi covid-19,” jelasnya

Dalam kegiatan tersebut ia juga menyampaikan ke pada Mahasiswa baru dalam perkuliahan semester ini pihaknya melaksanakan dengan sitem daring.

Baca juga : KPU Gelar Pengundian Nomor Urut Calon Gubernur Jambi

Untuk pelaksanaan Opus tahun ini jelasnya, memang agak berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, yang mana dalam Opus tahun ini pihaknya hanya menyampaikan beberapa materi yang sifatnya urgen.

“Poin yang kita sampaikan yakni bagaimana kita memberikan pemahaman kepada Mahsiswa baru terkait masalah sistem perkuliahan daring dalam situasi pandemi covid-19.” Imbuhnya

Mahasiswa Senior

Dengan dilaksananya Opus secara daring ini tidak mengecilkan semangat Mahasiswa baru untuk belajar. Artinya, “Kita ingin menyampaikan pesan, walaupun kita melaksanakan Opus dengan sistem daring, tapi kita dari kampus berusaha untuk menyampaikan materi terkait mata kuliah yang telah dikontrak dengan semaksimal mungkin melalui beberapa aplikasi, misalnya melalui zoom, whatsaap, google meeting dan beberapa fasilitas tekhnologi yang dimiliki.” Terangnya lagi

Pihaknya juga berharap kepada Mahasiswa baru, karena kuliah daring tidak semaksimal mungkin seperti kuliah dengan cara tatap muka, “Kita harap Mahasiswa lebih proaktif, maksudnya Mahasiswa harus lebih aktif mencari refrensi dan tidak lupa menjaga kesehatan.” Pintanya (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top