Connect with us

Datangi Pabrik Kopi Kerinci, Syafril Nursal : Jika Terpilih Petani Kopi Jadi Fokus Utama

Politik

Datangi Pabrik Kopi Kerinci, Syafril Nursal : Jika Terpilih Petani Kopi Jadi Fokus Utama

SNNJAMBI.COM JAMBI – Calon Wakil Gubernur Jambi nomor urut 2, Syafril Nursal melihat langsung Pabrik Kopi Arabika PT. Agro Tropic Nusantara, di Desa Sungai Lintang, Kayu Aro Barat, Selasa (3/11/2020).

Aroma khas kopi Kerinci ini amat terasa saat Syafril Nursal berjalan santai sembari melihat proses produksi kopi. Mulai dari melihat tahap tempat penjemuran kopi (Hanopi), ruang sortasi (ruang untuk memilah kualitas kopi), dan tempat penggilingan gabah (Huller), dan tempat lainnya.

Syafril Nursal memuji pabrik Kopi PT. Agro Tropic Nusantara yang sudah berdiri sejak tahun 2019 ini. Ia memuji pabrik kopi tersebut, munurutnya hal itu sangat luar biasa, karena telah berhasil mengolah tempat produksi kopi Arabika berkualitas tinggi untuk di ekspor. Selain itu juga sudah menciptakan lapangan kerja baru.

Mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini mengatakan, jika ia bersama Fachrori diamanahkan untuk memimpin Jambi, maka salah satu prioritasnya adalah memperhatikan petani Kopi dan bagaimana agar nilai dari komoditi kopi bisa semakin meningkat, baik dari segi produksinya maupun harga jualnya. 

Oleh karena itu, kata Syafril, perlu campur tangan pemerintah provinsi untuk mendekatkan hasil produksinya dengan pasar. Salah satunya, kata Syafril, ia akan fokus bagaiamana agar hasil dari komoditi kopi di Kerinci dan Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Jambi lebih banyak menembus pasar global dengan ekspor ke luar negeri. Dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan nilai ekonomi yang tinggi.

“Kalau produksinya sudah ada, maka marketnya ini yang saya kira yang akan menjadi bagian pemerintah untuk membantu. Harus kita bantu supaya semakin hari semakin waktu semakin berkembang, meningkat terus,” kata Syafril Nursal.

Sementara itu, Direktur PT.Agro Tropic Nusantara, Ema mengatakan bahwa ia sangat merasa bahagia atas kunjungan Syafril Nursal. Menurutnya, sang Jenderal adalah orang pertama yang mengunjungi pabrik kopi yang ia kelola.

“Terima kasih atas kedatangan bapak,  karena selama ini kami belum pernah dikunjungi. Kunjungan bapak ini bagi kita adalah suprise,” kata Ema. 

Ema berharap, jika nanti  Syafril Nursal terpilih dapat bersinergi dan bersama-sama membangun kerinci. 

Ditempat yang sama, Pengusaha PT.Agro Tropic Nusantara, Mulyadi mengatakan, bahwa  ia merasa tersanjung bisa dikunjungi oleh Syafril Nursal.

Kata Mulyadi, produksi kopi Arabika di PT. Agro Tropic Nusantara ini saat musim panen bisa mencapai 25 ton perhari, namun saat musim track hanya 4-5 ton.

“Ya kalau untuk ekspornya, saat ini hanya ke Eropa dan Amerika,” tukasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top