Connect with us

Saat Debat Ratu Munawaroh Kenakan Batik Lengkap Hingga Tengkuluk Khas Jambi

Politik

Saat Debat Ratu Munawaroh Kenakan Batik Lengkap Hingga Tengkuluk Khas Jambi

SNNJAMBI.COM – Ratu Munawaroh akan tampil istimewa pada debat calon wakil gubernur Jambi malam ini. Mendiang istri Zulkifli Nurdin itu akan tampil spesial dengan pakaian dan tengkuluk khas Jambi.

Adapun motif tengkuluk yang digunakan Ratu Munawaroh adalah Bungo Nagasari (palaquium rostratum) sering disebut Balam pucung dam bahasa kubu.

Tumbuhan ini sangat familiar di daerah sumatra, manfaat pohon nagasari antara lain kayunya yang banyak digunakan dlm perabot rumah, lantai, dan mebel. Sedangkan buah nagasarinya dpt dimakan dan bijinya mengandung lemak yang banyak untuk digunakan masak.

Selain itu dulunya pohon ini diyakini sbgai salah satu kayu bertuah yg mana dapat bermanfaat untuk kewibawaan, keselamatan, perlingdungan terhadap orang jahat, dan anti tenung, karena itu tak jarang pohon ini ditemukan tumbuh di halaman rumah masing”, area pemakaman kuno dan tmpat sakral lainnya.

Sementara pakaian yang digunakan Ratu Munawaroh yakni motif Balam Pucung.

Balam pucung merupakan bahasa kubu yang artinya Bunga Nagasari,motif batik yang dipakai pada busana ini merupakan tumbuhan yang banyak akan manfaat mulai dari kayunya dijadikan perabot rumah tangga, Buah dan bijinya dapat dimasak karena mengandung lemak,dan selin itu pohon ini diyakini sebagai salah satu kayu bertuah yang mana dapat bermanfaat untuk kewibawaan, keselamatan, perlindungan terhadap orang jahat dan anti tenung (sejenis ilmu hitam untuk mencelakakan orang).

Busana ini design khusus dengan look classic modern dengan perpanduan warna biru dan maroon yang merupakan warna ciri khas dari Jambi.

Harapannya dari busana yang dipakai ini bentuk wujud dan mengingat betapa pentingnya kita harus melestarikan Batik Jambi yang banyak akan cerita serta membuat tampilan batik terlihat lebih modist.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik

Advertisement

Trending

Advertisement
To Top