Tak Kunjung Selesai, Kamaludin Havis Dukung Masyarakat Duduki Kantor Gubernur Jambi

SNNJAMBI.COM Jambi – Anggota DPRD Provinsi Jambi, Kamaludin Havis mendukung masyarakat Desa Ladang Panjang Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi yang akan mendatangi Kantor Gubernur Jambi.

Havis mengatakan, telah sewajarnya masyarakat yang berada di wilayah perbatasan Jambi-Sumatera Selatan meminta Pemerintah Provinsi Jambi untuk segera menyelesaikan polemik yang telah lama terjadi.

“Saya mendukung penuh masyarakat Ladang Panjang untuk menduduki Kantor Gubernur, karena Pemprov Jambi selalu mengumbar janji kepada mereka,” kata Kamaludin Havis, Selasa (12/01/2021).

Dijelaskan Havis, masalah batas wilayah Jambi-Sumsel di Sungai Gelam ini telah di janjikan oleh Pemerintah Provinsi Jambi untuk segera diselesaikan. Namun hingga saat ini, tidak ada eksen atau upaya yang dilakukan oleh Pemprov.

“Saya telah beberapa kali meminta Kepala Biro Pemerintahan agar menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut, tapi apa. Sepertinya Pemprov Jambi tidak ada niat untuk menyudahi masalah yang dihadapi masyarakat perbatasan,” ungkapnya.

Kembali ditegaskan Havis, dirinya tidak akan merelakan tanah Jambi kembali direbut oleh provinsi tetangga.

“Ini janji saya kepada masyarakat Sungai Gelam. Saya putra daerah Muaro Jambi berkewajiban memperjuangkan aspirasi masyarakat tanah kelahiran saya,” tegas Kamaludin Havis.

Sebelumnya tokoh masyarakat Ladang Panjang, Ponidi menyampaikan bahwa masyarakat yang ada di wilayah perbatasan akan mendatangi Kantor Gubernur Jambi pada pekan ini.

Kata Ponidi, kedatangan mereka ingin bertemu langsung Gubernur Jambi Fachrori Umar untuk meminta kepastian kapan selesainya permasalahan tapal batas wilayah Jambi-Sumsel di Desa Ladang Panjang.

“Kami minta pak Gubernur Fachrori yang menyampaikan langsung nanti ke kami. Jangan ada saling lempar lagi dengan Pemkab Muaro Jambi, karena Pemkab telah bekerja. Ini kan wewenang provinsi yang bisa menyelesaikannya, semua data telah diserahkan Pemkab ke Pemprov,” terang Ponidi, Minggu (10/01/2021).

Diketahui, permasalahan tapal batas Jambi-Sumsel yang terletak di wilayah Sawit Mulyo Rejo Desa Ladang Panjang, Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi ini telah berlangsung lama.

Tidak adanya tindakan dari pemerintah saat itu, membuat masyarakat putus asa dan kecewa. Namun pada pertengahan tahun 2020, permasalahan tersebut kembali mencuat saat Dewan Provinsi Jambi melakukan kunjungan kerja (reses) di wilayah sengketa tersebut.

Kamaludin Havis, yang baru kali pertama mendatangi daerah perbatasan itu langsung diminta masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada Pemprov Jambi terkait masalah tapal batas.

Tidak menunggu lama, putra daerah Muaro Jambi itupun langsung memanggil Biro Pemerintahan sebagai instansi yang menangani batas wilayah provinsi.

Havis pun dengan tegas menyatakan bahwa dirinya tidak akan berhenti sebelum masalah tapal batas wilayah Jambi-Sumsel tersebut selesai. Karena bagi Havis, semua keluhan masyarakat Muaro Jambi kepadanya wajib untuk diperjuangkan. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *