Kapolres Muaro Jambi Pimpin FGD Terkait Pencegahan Ilegal Logging

 Kapolres Muaro Jambi Pimpin FGD Terkait Pencegahan Ilegal Logging

SNNJAMBI.COM Muaro Jambi – Kegiatan FGD (Forum Group Discussion) terkait pencegahan kegiatan Ilegal Logiing dan memberikan edukasi sangsi hukum terhadap Pelaku Ilegal Loging di Desa Betung Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi.

Dipimpin Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto, S.I.K, M.H, Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kehutanan Provinsi Jambi Kurniwanto, S.P, Ketua Forum Umat Beragama Kyai H. Asrofi Asror, Kasat Binmas Polres Muaro Jambi AKP Abdul Akil, SH, Kasat Lantas Polres Muaro Jambi AKP M. Firdaus, SH, Camat Kumpeh Suharyanto, Kapolsek Kumpeh Ilir AKP Sukawi.

Baca juga : Kapolda Jambi Didampingi Kapolres Muaro Jambi Resmikan Gedung Polsubsektor Sungai Gelam

Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto SIK dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Ilegal Loging sangat berdampak terhadap terjadinya Karhutla.

“Pembalakan Liar (Ilegal Loging) merupakan pelanggaran hukum, saya mengharapkan kepada masyarakat untuk mencari nafkah tidak melanggar/melawan hukum,” Kata Ardiyanto

Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjuti prosesi tanya jawab, Kades Betung meminta solusi bagaimana cara agar masyarakat beralih fungsi dan merubah pola sistem ekonomi dlm kegiatan awal bekerja berkaitan Ilegal Loging ke Usaha lain yang tidak melanggar hukum dan dapat menunjang perekonomian masyarakat.

Baca juga : Polres Muaro Jambi Akan Tindak Tegas Pelaku Ilegal Drilling dan Logging

Kapolres Muaro Jambi memberikan tanggapan
“Kegiatan yang dapat menunjang ekonomi masyarakat selain kegiatan Pembalakan liar bisa berupa mencari peluang dalam bentuk usaha Mikro dengan bantuan dari pemerintah dan pemberdayaan area lokasi utk pengembangan pertanian dan ikan”. Jelsanya

Dikesempatan yang sama tanggapan juga diberikan oleh Kepala Kehutanan Provinsi Jambi, menyampaikan
“Agenda kegiatan dari Kementrian Kehutanan pusat telah di selenggarakan dan berupaya membantu masyarakat dalm menunjang ekonomi masyarakat untuk merubah pola mata pencarian awal perambahan hutan (Ilegal Loging) ke usaha mikro dalam bentuk kegiatan dari Dinas Kehutanan Provinsi dan Kabupaten dan program oleh Kementrian Kehutanan pusat sudah bisa di ajukan ke Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi,” Katanya.

Baca juga : Bupati Muaro Jambi Lantik Pejabat Eselon III dan IV

Sementara Staff Ahli Kabupaten Muaro Jambi juga menyampaikan, Pada intinya pemerintah bersedia mengakomodir untuk pemerintahan Desa dalam mengajukan permohonan bantuan yg dapat menunjang perekonomian Masyarakat sesuai program terencana pemerintahan Provinsi Jambi dan Kab. Muaro Jambi”. Jelasnya

Kemudian giliran BPD Desa Pematang Raman dan Pers. Manggala Angni Sdr Rahmat Darmawan menyampaikan, Bagaimana cara agar warga yg mata pencarian dengan pengolahan kayu dapat mengikuti aturan prosedur hukum.

Baca juga : Anggota Banggar DPRD Muaro Jambi Minta Pejabat Eselon III dan IV Diputuskan Kemudian Segera Dilantik

Bagaimana cara agar warga dapat memahami tdk membuka lahan dgn cara membakar.

Pihak penegak hukum agar juga dapat menindak tegas para pelaku utama dan tdk hanya di kenakan kepada para pekerja, tanyanya

Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto SIK MH menyampaikan, harapannya kepada para peserta yang hadir dapat memberikan edukasi kepada masing-masing keluarga bahwa kegiatan Ilegal Loging merupakan kegiatan pengolahan kayu tanpa prosedur aturan yg telah di tetap kan oleh pemerintah.

Penyerahan Sembako Kepada Peserta

“Penindakan oleh penegak hukum terhadap pelaku Ilegal Loging di sesuaikan dengan sistem proses Penyidikan”. ungkap Kapolres

Kasubag Humas AKP Amradi SE juga menyampaikan ” kegiatan tersebut dilanjutkan pemberian Bansos berupa sembako kepada warga masyarakat kurang mampu di Desa Betung Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi.” tutur Amradi (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *