Demo di Kejati Jambi Dua LSM Desak Dugaan Korupsi Pembangunan Pasar Sengeti Muaro Jambi

 Demo di Kejati Jambi Dua LSM Desak Dugaan Korupsi Pembangunan Pasar Sengeti Muaro Jambi

SNNJAMBI.COM Muaro Jambi – Duo organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lakukan aksi unjuk rasa di Kejati Jambi terkait pembangunan asar Sengeti Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi.

Seperti diketahui Pasar tersebut baru saja selesai diresmikan oleh Pemerintah Muaro Jambi, namun hingga kini dua LSM tersebut menilai masih menyisakan banyak permasalahan atas dugaan penyimpangan anggaran pada pembangunan pasar Sengeti tersebut, sehingga Kantor Kejati Jambi di demo oleh dua LSM sekaligus meminta Kejati Muaro Jambi di evaluasi. Senen (8/2/2021).

Baca juga : Bupati Muaro Jambi Lantik Pejabat Eselon III dan IV

Dua kelompok LSM yang melakukan demo yaitu, Lembaga Swadaya Masyarakat Akomodasi Rakyat Miskin (LSM AKRAM) dan Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) Provinsi Jambi.

Sebelumnya LSM ini juga pernah melakukan aksi yang sama di depan Kejati Provinsi Jambi yang terletak di kawasan Kantor Gubernur Jambi, pada 27 Januari dan 4 Februari tahun 2021.

Baca Juga : Dinas PPKB Laksanakan Intruksi Bupati Terkait Program MKJP Untuk Muaro Jambi TUNTAS 2022

Aksi yang dilakukan dua LSM tersebut guna untuk menyampaikan aspirasi sekaligus menuntut agar penegakkan hukum yaang nyata terkait dugaan korupsi atas pembangunan Pasar Sengeti Muaro Jambi.

Amir Akbar selaku Koordinator Aksi mengatakan, pada aksi demo yang pertama 27 Januari 2021 mereka protes terkait sejumlah kejanggalan dugaan pembangunan pasar sengeti pada TA 2019 – 2020, dan meminta Kejati Jambi untuk mengevaluasi pejabat penegak hukum yang ada di Kejari Muaro Jambi.

“Pasar sengeti pada tahun 2019 di anggarkan sebanyak 3.5 milyar, namun hanya pengerjaan timbunan urukan tanah saja, dan kemudian kembali di anggarkan pada tahun 2020 dengan dana yang Pantastis sebanyak Rp. 4,5 Milyar untuk pembangunan Fisik pasar tersebut.” Jelas Amir Akbar.

Hal senada juga di katakan Achmadi, kepada media ini, pada aksi demo yang pertama untuk Kabupaten Muaro Jambi, selain menuntut agar aparat penegak hukum yang ada di Kejari Muaro Jambi di Evaluasi atas dugaan pembiaran banyaknya penyimpangan pada pekerjaan pasar sengeti di Muaro Jambi.

“Selain minta evaluasi pejabat Kejari Muaro Jambi, kami juga meminta pekerjaan di Muaro Jambi untuk di Audit, di Muaro Jambi kami tidak hanya menuntut Kejati menindaklanjuti dugaan korupsi atas penimbunan di Pasar Sengeti TA 2019 dan pembangunan fisik 2020 saja. namun juga dugaan korupsi, jalan Simpang Sipintun yang menggunakan DAK 2020, pemalsuan tandatangan pengawas oleh Kadis PU Muaro Jambi untuk pencairan pekerjaan,” Jelas Achmadi

Gabungan dua LSM tersebut juga meminta Kejati Jambi mengevaluasi kinerja pejabat Kejari Muaro Jambi yang dinilainya lamban dalam menindak lanjuti dugaan penyimpangan dana atas pembangunan pasar sengeti Muaro Jambi, pihaknya juga akan berencana untuk datang ke Kejati Jambi pada hari selasa terkait lanjutkan aksi demo pasar Sengeti tersebut.

“Khusus untuk Muaro Jambi, kami minta dugaan penyimpangan dana pembangunan pasar Sengeti, pengerjaan jalan spintun serta dugaan pemalsuan tanda tangan, pada selasa ini kami akan datangi Kejati Jambi lagi untuk Aksi yang lebih besar.” Tegas Amir Akbar. (Adi)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *